Wednesday 1 March 2023

Selayang Pandang Balikpapan Kalimantan

Balikpapan Kalimantan adalah merupakan satu dari banyak kota besar yang ada di Provinsi Kalimantan Timur. Balikpapan Kalimantan adalah wilayah luas yang terdiri atas daratan dan perairan. Balikpapan Kalimantan memiliki batas batas wilayah yaitu Kabupaten Kutai Kertanegara (utara), Selat Makassar (Selatan dan Timur), Penajam Paser Utara (Barat). Balikpapan Kalimantan merupakan kontur area berbukit dengan prosentase wilayah paling besar dengan ketinggian diatas 100 meter diatas permukaan laut. Jenis tanah mudah tererosi Balikpapan Kalimantan didominasi podsolik merah-kuning. Tanah alluvial, dan pasir kuarsa juga termasuk tanah di Balikpapan Kalimantan.

Balikpapan Kalimantan merupakan wilayah heterogen yang damai. Pendatang baru banyak bermunculan seiring meningkatnya pembangunan ekonomi di Balikpapan Kalimantan. Pendatang baru di Kota Balikpapan Kalimantan berasal dari beragam etnis dan jumlahnya sangat besar. Balikpapan Kalimantan adalah kota heterogen karena keberagaman penduduknya. Balikpapan Kalimantan banyak dikenal keberagamannya dari segi adat istiadat dan agama yang banyak ditemukan di berbagai tempat wisata yang mengandung unsur budaya. Balikpapan Kalimantan sangat harmonis dan jarang mempermasalahkan perbedaan yang sangat bercorak. Berbagai kelompok etnis saling membentuk paguyuban di Balikpapan Kalimantan. Paguyuban Balikpapan Kalimantan ini memiliki peran penting menjaga keharmonisan. Balikpapan Kalimantan menjadi satu kota paling kondusif di wilayah Indonesia.

Balikpapan Kalimantan merupakan wilayah Indonesia yang berpotensi ekonomi tinggi. Balikpapan Kalimantan memiliki posisi di tengah antara Trans Kalimantan dan Trans Nasional. Balikpapan Kalimantan menjadikan Pelabuhan Laut dan udara terbesar di Kalimantan Timur sebagai penguasa wilayahnya. Pelabuhan Laut Semayang dan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan adalah kebanggaan dan sumber kekuatan ekomoni Balikpapan Kalimantan. Balikpapan Kalimantan memiliki posisi paling strategis dibanding kabupaten/kota lainnya di Indonesia. Balikpapan Kalimantan merupakan Pintu Gerbang Kaltim, sehingga segala perdagangan ekomoni harus melalui wilayah ini terlebih dahulu sebelum menuju wilayah lainnya. Kemudahan jalur transportasi Balikpapan Kalimantan merupan factor penggerak pesatnya pembangunan di kota Balikpapan Kalimantan ini.

Eksistensi Balikpapan Kalimantan patut diakui keberadaannya. Balikpapan Kalimantan yang merupakan kota Jasa atau Kota MICE yang layak dibanggakan oleh Indonesia. MICE (Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition) yang kesepuluh di Indonesia berada di kota Balikpapan Kalimantan. Balikpapan Kalimantan berhasil menjadi pusat pertemuan berbagai aliansi wilayah. Balikpapan Kalimantan menjadi pusat konferensi yang berhasil terukir dengan baik di Indonesia. Balikpapan Kalimantan berhasil sebagai sebagai penyelenggara pusat pameran di indonesia. Pameran skala nasional dan skala internasional telah berhasil dilaksanakan di Balikpapan Kalimantan. Konsep Kota MICE Balikpapan Kalimantan berhasil diterapkan karena ditunjang fasilitas gedung pertemuan, hotel, juga gedung kesenian.

Pertumbuhan ekonomi Balikpapan Kalimantan meningkat seiring beroperasinya terminal baru Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan Kalimantan semenjak diresmikan telah membawa dampak positif terhadap perekonomian perdagangan. Terminal baru di Balikpapan Kalimantan ini mengusung konsep modern eco-airport yang mampu menampung 15 juta penumpang tiap tahunnya. Luas terminal baru di Balikpapan Kalimantan ini mampu menjadikan terminal ini sebagai wahana pertemuan aneka kepentingan perekonomian juga perdagangan. Bandara di Balikpapan Kalimantan ini menjadi gerbang udara terbesar juga termegah untuk kawasan timur Indonesia. Bandara di Balikpapan Kalimantan merupakan yang terbesar ketiga di Indonesia. Proyek infrastruktur yang terus maju, menjadi pendorong tumbuhnya ekonomi Balikpapan Kalimantan. Kawasan Industri Kariangan juga menjadi bukti keberhasilan ekonomi perdagangan kota Balikpapan Kalimantan.

No comments:

Post a Comment