Kutai Timur Pusat Tambang Batubara

Kutai Timur merupakan pusat tambang batubara. Untuk mengenal lebih jauh pusat tambang batubara di wilayah Kutai Timur. Mari kita pelajari sekilas informasi mengenai wilayah Kutai Timur. Kutai Timur merupakan kabupaten yang ada di Indonesia, tepatnya terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Kabupaten Kutai Timur memiliki Ibu kota yang berada di Kecamatan Sangatta Utara. Luas area wilayah Kutai Timur sebesar 35.748 km persegi. APBD Kutai Timur pada tahun 2017 sebesar Rp. 2.617.291.082.679. Kutai Timur dikenal sebagai kota penghasil batubara terbesar di bawah naungan perusahaan PT. Kaltim Prima Coal.  PT. Kaltim Prima Coal merupakan induk usaha yang memproduksi batu bara terbesar di Kutai Timur. PT. Kaltim Prima Coal mendapat area konsesi tambang batubara sebesar 84.938 ha di Sangatta, juga di Benyamin, begitu pula di Rantau Pulung, wilayah Kutai Timur di Kalimantan Timur.

Setiap kali produksi batubara di perusahaan tambang Kutai Timur, perusahaan tambang ini akan menggunakan sembilan ekskavator penggali tanah juga 76 truk pengeruk batu bara dan biasa digunakan dalam kesehariannya di wilayah Kutai Timur. 200 dump trucks dikerahkan di Kutai Timur untuk mengangkut hasil batubara di hari itu. Bongkahan tanah juga batu lebih dahulu harus dipindahkan setiap harinya di wilayah kerja perusahaan di Kutai Timur. Setiap satu dump truck di Kutai Timur berkapasitas angkut sebesar 290 ton. Jumlah keseluruhan kendaraan di Kutai Timur yang bersifat alat berat di KPC berjumlah 2.560 unit. Orang Indonesia yang berada di Kutai Timur banyak yang berprofesi sebagai sopir alat transportasi berat tersebut. Banyak dari sopir dump truck di Kutai Timur adalah berjenis kelamin perempuan. Baik perempuan yang belum menikah maupun yang sudah menikah di Kutai Timur tetap diperkenankan menjadi sopir dumb truck di Kutai Timur, dengan jaminan mereka harus dalam kondisi sehat, bugar dan tanpa ada paksaan atau tekanan dari siapapun yang berkuasa di Kutai Timur. Koordinator pekerja di area tambang di Kutai Timur yang bertanggung jawab penuh terhadap para sopir ini.

Suasana kerja di area pertambangan batubara di Kutai Timur bisa dinikmati oleh para pengunjung. Hiruk pikuk kegiatan pertambangan batubara di Kutai Timur menjadi pemandangan alam sendiri yang bisa dinikmati dengan perpaduan kecanggihan alat – alat modern yang membantu kinerja para karyawan perusahaan tambang batubara tersebut. Saat kondisi cuaca terang, kita bisa menikmati iring – iringan kendaraan dumb truck yang mengangkut hasil tambang dan kita akan dibuat takjub saat melihatnya secara langsung saat berkunjung ke Kutai Timur. Keindahan panorama alam sangat mendukung nuansa traveling di Kutai Timur. Iklim yang tidak hujan membantu kita untuk bisa menikmati segala aktivitas pertambangan di Kutai Timur tanpa ada kendala yang berarti. Satu dumb truck berkapasitas angkut sebesar 290 ton beban bawaan. Dumb truck menjadi alat transportasi jenis alat berat yang sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan oleh daerah yang mengklaim dirinya sebagai daerah pertambangan batubara seperti Kutai Timur.

Harga dumb truck yang cukup mahal tentunya juga mengharuskan biaya perawatan yang cukup besar untuk daerah Kutai Timur. Dump truck di Kutai Timur dijual dengan harga sebesar US$ 2 juta. Harga satuan ban dump truck yang memiliki ketinggian 3,4 meter di Kutai Timur sebesar US$ 50.000. Satu dump truck di Kutai Timur menggunakan enam ban.

0 comments