Batik Kutai Timur Kebanggaan Bangsa

Batik Kutai Timur adalah hasil seni yang bernilai budaya tinggi dan merupakan kebanggan negara Indonesia. Batik Kutai Timur patut dijaga dan dilestarikan perkembangannya dari masa ke masa agar setiap generasi yang ada selalu mengenal dan mencintai budaya bangsa sendiri. Nilai seni dan budaya yang ada pada batik Kutai Timur adalah merupakan keunggulan budaya daerah khas Benua Etam. Sebagai warga negara yang menjunjung tinggi kebudayaan daerah maka kita perlu mengenal batik Kutai Timur dalam setiap momentum kunjungan ke wilayah Kutai Timur. Dalam setiap kesempatan yang ada kita harus selalu mengenalkan Batik Kutai Timur ke semua pengunjung yang datang ke wilayah ini baik dalam rangka liburan maupun dalam rangka kunjungan wisata. Usaha yang bergerak di bidang pelstarian budaya batik Kutai Timur harus selalu kita dukung untuk dikembangkan dan diperkenalkan ke dunia luar. Apapun ajang yang tersedia harus kita manfaatkan sebagai media untuk mengenalkan batik Kutai Timur ke seluruh pelosok dunia.

Indonesia adalah negara yang kaya akan nilai seni dan nilai budaya yang ditampilkan oleh setiap daerah dalam bentuk karya seni seperti halnya batik Kutai Timur. Dengan ikut serta menjaga dan melestarikan Batik Kutai Timur, maka itu menunjukkan betapa besar rasa cinta kita terhadap budaya bangsa sendiri. Batik Kutai Timur merupakan warisan budaya bangsa yang sarat akan nilai nilai luhur budaya. Usaha batik Kutai Timur perlu dibangun secara bersinergi dan bersama sama. Generasi muda harus banyak kita kenalkan dengan usaha batik Kutai Timur agar bisa menemukan banyak terobosan untuk lebih membngkitkan usaha bernilai seni budaya tinggi ini. Workshop – workshop yang ada bisa kita penuhi dengan berbagai hasil karya bangsa termasuk salah satunya Batik Kutai Timur.

Pemerintah daerah Kutai Timur harus mampu memberikan dukungan terhadap kelestarian budaya batik Kutai Timur. Dukungan pemerintah terhadap batik Kutai Timur bisa berupa dorongan semangat  untuk terus mengembangkan kelestariannya juga dukungan terhadap berbagai upaya guna mendukung kemajuan usaha batik Kutai Timur dibawah naungan departemen yang membawahi UMKM. Pelaku usaha mikro untuk produk batik Kutai Timur harus senantiasa dibantu segala permasalahannya. Pelaku usaha kecil dan menengah untuk produk batik Kutai Timur harus terus diupayakan peningkatan kesejahteraan ekonominya maupun kemajuan usahanya. Batik Kutai Timur sebagai salah satu hasil UMKM dibidang produk seni dan budaya harus senantiasa diunggulkan, dan keberadaannya harus terus diperkenalkan ke dunia luar agar semua negara tetangga mengetahui dan mengakui keunggulan budaya kita yang berupa produk bernilai seni tinggi yaitu Batik Kutai Timur.

Kearifan local daerah KuTim berupa batik Kutai Timur harus tampil memukau di ajang pameran nasional dan internasional. Departemen perindustrian dan perdagangan harus melihat bahwa produk local kita Batik Kutai Timur patut menjadi kebanggan bersama. Majunya suatu bangsa tidak luput dari kemajuan nilai seni dan budayanya yang bisa dinikmati oleh banyak manusia di muka bumi ini termasuk hasil seni budaya batik Kutai Timur. Semua pihak tidak hanya pemerintah saja yang dituntut untuk senantiasa memberi dukungan terhadap berkembangnya produk – produk local kita seperti batik Kutai Timur dan batik batik kota lainnya. Mari kita bersaing secara sehat dalam menghasilkan suatu produk bernilai seni budaya yang tinggi seperti Batik Kutai Timur dan bisa diakui oleh negara – negara lain di dunia.

 

Contact Person/ Office :
BANYUMILI TRAVEL:
WA 082-141-864-864 | 0812-2309-9991
E-mail : banyumilitour@gmail.com | www.banyumilitravel.id

0 comments