Pesawat Tujuan Lampung Balik ke Halim, Ini Penjelasan Batik Air

Jakarta - Sempat holding (berputar-putar menunggu antrean untuk mendarat) Batik Air dari Jakarta tujuan Bandar Lampung mendapatkan informasi perbaikan landasan saat dalam perjalanan. PR Manager Lino Air, Andy M. Saladin mengatakan pesawat dengan nomor penerbangan ID 6112 sudah berangkat tepat waktu pukul 16.30 WIB.

"Pesawat dengan nomor penerbangan ID 6112 berangkat on time yaitu pukul 16.30 WIB. Dalam perjalanan kami mendapatkan informasi NOTAM bahwa adanya perbaikan runway (landasan) sehingga Bandara Tanjung Karang ditutup sementara," ujar Andy saat dihubungi detikcom, Minggu (21/5/2017). 

Andy menjelaskan informasi Notice to Airmen (Notam) itu mengenai pekerjaan mengatasi kerusakan landasan pacu itu baru diturunkan pukul 17.45 WIB. Padahal maskapainya sudah berangkat menuju Bandara Radin Inten II, Bandar Lampung, tepat waktu yaitu pukul 16.30 WIB. 

Setelah mendapatkan Notam itu, pilot memutuskan kembali ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Andy menyebut saat ini seluruh penumpang diberangkatkan kembali pada pukul 20.20 WIB. 

"Pesawat sempat holding sebentar lalu pilot memutuskan untuk kembali ke Halim untuk menunggu perbaikan runway (landasan). Pesawat mendarat di Bandara Halim kurang lebih pukul 18.00 WIB dan seluruh penumpang diberangkatkan kembali pada pukul 20.20 WIB," jelas Andy. 

Sementara itu, Kapuskom Kemenhub JA Barata mengatakan saat ini kondisi Bandara Radin Inten II Bandar Lampung, telah normal kembali. Ia menjelaskan penutupan Bandara Radin Inten II hanya sampai pukul 19.05 WIB. 

"Baru saja saya tanyakan ke Kepala Bandara Raden Inten, bahwa Bandara Raden Inten mengalami perawatan runway dari pukul 17.45 WIB sampai pukul 19.05 WIB (sudah di Notam-kan) saat ini sudah normal kembali," kata JA Barata saat dikonfirmasi. 

Dalam Notam itu diumumkan kerusakan terjadi sepanjang 680 meter. Karenanya Bandara Radin Inten II harus ditutup sementara. 

"Notam pengumuman, 21 Mei 2017 pukul 17.25 sampai dengan pukul 20.30 WIB. Bandara Radin Inten (WIIL) ditutup karena ada pekerjaan mengatasi kerusakan landas pacu arah 14/32 sepanjang 680 meter," jelas Barata. (lkw/ams)


Source Detik

0 comments