Mari Menulis!


"Scripta manent verba volant". Sesuatu yang ditulis akan abadi dan yang diucapkan akan berlalu bersama angin. Barangkali itulah isnpirasi Anda untuk memulai menulis. Seandainya nenek moyang kita dahulu tidak menulis, maka kita tidak akan belajar banyak tentang masa lampau atau kekurangan dan di jaman sekarang tinggal memperbaiki saja. Seandainya nenek moyang kita tidak menulis, maka kita akan memulai suatu hal yang berulang-ulang dan dimulai dari nol. Artinya, tidak ada kemajuan peradaban maupun perkembangan ilmu.
Anda tidak perlu bersusah payah menuliskan hal-hal yang di luar akal pikiran, atau menuliskan cerita di negeri antah berantah. Karena menuliskan hal tersebut butuh keahlian yang tinggi dalam menulis. Anda cukup menuliskan apa yang ada dalam pikiran Anda.
Menulis memang merupakan pekerjaan manusia yang melakukan perpanjangan omong-omong. Penulis didesak oleh suatu kebutuhan menyampaikan satu soal, menguraikan sebuah masalah, dikejar oleh tuntutan yang meledak-ledak dan diburu oleh suatu keinginan untuk  menuangkan sebuah pikiran  yang dirasa teramat penting untuk diketahui. Tapi tulisan yang baik adalah tulisan yang enak dibaca dan mudah dicerna. Untuk itulah, dibutuhkan skill khusus untuk dapat mengungkapkan tulisan itu dalam bentuk penyajian yang diinginkan. Skill yang diperlukan seorang penulis untuk menulis tidak terlepas dari seberapa sering ia membaca.
Tips Menulis:
Untuk mempermudah  belajar menulis, perhatikanlah tips menulis berikut ini:
?  Yakinlah pada diri Anda bahwa Anda bahwa menulis itu mudah. Jika demikian, maka proses menulis tidak akan sesulit yang dibayangkan. Berbeda dengan anggapan bahwa “menulis itu sulit”. Anda akan menemui kesulitas menulis, karena belum memulai menulis sudah merasa bahwa menulis itu sulit
?  Sebagai hamba Allah yang memiliki akal, pikiran, dan memiliki kemamjuan intelejensia yang tinggi. Maka, manusia mempunyai kodrat  bias menulis sementara hewan dan tumbuhan tidak bisa. Gali, asah, dan kembangkan terus menurus menulis Anda.
?  Berlatihlah disiplin. Sebagai contoh, setiap hari Anda menulis 1 halaman kuarto spasi tunggal atau sekitar 400 sampai dengan 500 kata. Insyaallah kemampuan menulis Anda akan meningkat pesat. 
Keuntungan menulis
Selain mendapatkan honor bagi yang ingin berprofesi sebagai penulis, menulis juga memberikan keuntungan bagi penulisnya. Keuntungan-keuntungan menulis diantaranya:
?  Dengan menulis, penulis mampu melihat kemampuan menulis dirinya sampai sejauh mna pengetahuannya tentang suatu permasalahan.
?  Mencari dan menguasai informasi tentang permasalahan yang hendak ditulis.
?  Mengorganisir kata-kata menjadi kalimat yang sistematis bila dibandingkan dengan berbicara yang terkadang terjebak dalam bahasa yang kurang santun dan tidak runtut.
?  Menilai gagasan sendiri secara objektif. Dimana pada saat menulis kita dapat mengontrol segala pikiran dan gagasan ataukutipan sekalipun.
?  Membiasakan diri menuliskan permasalahan secara tertulis yang mendorong kita untuk terus belajar dan belajar secara aktif
Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam menulis, menulis akan meberikan harapan tidak hanya penulisnya saja melainkan pembacanya menjadi tergugah untuk mengikuti apa yang Anda tulis. Mulai sekarang, sangat disayangkan bila Anda tidak mulai belajar menulis yang dimulai dari hal yang peling sederhana, paling kecil, terus dan terus, sampai dunia ini berakhir. Mari menulis!

0 comments