Selamat Datang Penulis Hebat

H. Aramsyah, S. Ag., M. Pd.

banyumilitravel.co.id – IGI ikatan guru Indonesia Kabupaten Kutai Timur memberikan apresiasi yang besar kepada semua guru guru sebagai penulis hebat di Kutai Timur. Saya tidak menyangka bahwa dalam dua hari saja kegiatan workshop nasional mampu membangkitkan kembali semangat dan motivasi terpendam dari guru-guru hebat untuk bisa menulis.
Saya sering tersenyum terpana, trenyuh, dan menginsafi diri setelah membaca berbagai tulisan bagus dan hebat, saya ingin sekali bisa menulis seperti penulis tersebut. Namun apa daya, membuat satu paragraf yang baik dan benar saja susah minta ampun. Saya buang perasaan itu, saya bertanya-tanya bagaimana cara menjadi penulis hebat seperti penulis yang telah sukses itu?

Jawaban yang saya dapat adalah satu kunci ajaib yang bisa menjadikan orang bisa menjadi penulis hebat adalah menulis adalah sebuah latihan. Ketahuilah, ternyata untuk menguasai satu atau beberapa keahlian intinya ada pada latihan atau praktis yang banyak dan berulang-ulang serta terus menerus.

Saya bisa ambil sebuah perbandingan mengapa seorang bocah berumur satu atau dua tahun yang tinggal di negeri Arab sana tidak pernah belajar bahasa Arab, namun ternyata mereka fasih sekali berbahasa Arab, lalu mengapa kita orang Indonesia yang pernah mengenyam bangku sekolah, bangku madrasah bahkan sampai perguruan tinggi Islam yang pasti pernah belajar bahasa Arab seminggu sekali sedikit sekali yang bisa berbahasa Arab. Jawabannya, ternyata karena bocah Arab tersebut lebih banyak praktek Bahasa Arab daripada kita, mereka prakteknya setiap hari sedangkan kita hanya praktek seminggu sekali, Itupun kalau kita tidak bolos waktu jam belajar atau jam mengajar.

Contoh ini sama halnya dengan saya, bila dibandingkan dengan penulis sukses tersebut, ternyata saya harus lebih banyak latihan untuk menulis. Mengapa saya susah sekali menciptakan tulisan yang menarik dan enak dibaca bahkan untuk membuat beberapa paragraf yang ringkas saja yang benar susahnya minta ampun. Karena menurut saya, saya jarang dan tidak pernah berlatih menulis sedikitpun, sedangkan mereka para penulis best seller, penulis hebat lain itu mereka menulis dengan kualitas dan kuantitas tinggi, mereka meluangkan waktu yang banyak untuk terus menulis membaca kemudian ditulis dan menulis untuk dibaca.

Di dunia ini tidak ada yang serba instant, tidak ada yang magic, semua butuh proses terus menurus. Kita harus menempuh suka duka dengan sabar sampai tulisan dari latihan kita diakui oleh khalayak dan diterbitkan serta dinikmati. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah siap menjadi penulis hebat? Apakah anda ingin melihat tulisan diterbitkan atau Anda ingin melihat buku kesayangan Anda dibeli dan diminati banyak orang ?jawabnya ya, dan kita hanya butuh satu kata ajaib yaitu latihan terus-menerus.

Bila Anda sudah melakukannya, berlatih dan berlatih menulis, maka saya ucapkan selamat datang untuk Anda sebagai guru hebat, guru penulis Kutai Timur.

Sangatta, 01-02-2017
H. Aramsyah, S. Ag., M.Pd.
Ketua IGI Kutai Timur

0 comments