Minibus Sebagai Alat Transportasi Publik



BM Trans 082-141-864-864, 082-255-277-577
 
Minibus sebagai alat transportasi publik atau sering disebut transportasi umum adalah hal yang biasa kita temui saat kita berada didalam perjalanan yang menempuh jalur darat. Transportasi publik atau transportasi umum adalah istilah yang biasa dipakai untuk alat yang biasa digunakan oleh orang banyak dalam melakukan perjalanan tanpa menggunakan kendaraaan pribadi. Jenis transportasi publik atau transportasi umum sangat beragam. Contoh untuk transportasi darat ada kereta api, bus, minibus, taksi, minivan, dan lain-lain. Contoh untuk transportasi udara adalah maskapai penerbangan. Contoh untuk transportasi laut adalah kapal feri.
Armada Banyumili Travel

Transportasi darat adalah jenis transportasi yang menggunakan media laju berupa jalan setapak,  untuk mengangkut atau memindahkan barang atau penumpang. Minibus adalah salah satu pilihan alat transportasi darat yang biasa digunakan untuk jalur – jalur operasi jalan pendek. Minibus sebagai alat transportasi publik cukup memenuhi syarat dan standart kelayakan untuk beroperasi di jalan umum. Minibus sebagai salah satu alat yang dipakai sebagai media layanan bus untuk jalan – jalan konvensional sangat cocok dan sesuai dengan fungsi dan penggunaannya.

Beberapa alasan yang menjadikan dasar pertimbangan minibus digunakan sebagai alat transportasi umum atau transportasi publik adalah sebagai berikut; yang pertama, alasan kapasitas penumpang yang jauh lebih rendah dibanding dengan transprtasi darat lain seperti trem maupun kereta api. Hal ini merupakan alasan yang cukup masuk akal dalam menentukan minibus sebagai alat transportasi publik untuk jalaur darat. Minibus juga merupakan pilihan ideal sebagai alat transportasi darat dengan alasan biaya yang dikenakan relative lebih murah dibanding kereta api.
Harga sebenarnya adalah pertimbangan yang paling utama seseorang penumpang memutuskan untuk menggunakan minibus sebagai alat transportasi publik. Alat transportasi apa untuk menuju lokasi yang akan didatangi selain juga faktor - faktor lainnya seperti kenyamanan, ketepatan waktu tempuh juga kecepatan sampai di lokasi tujuan juga. Harga relativf sebagai dasar pembanding dalam mengambil keputusan. Tapi selisih harga yang sangat jauh lebih murah bisa didapatkan penumpang karena biaya keseluruhan perjalanan ditanggung oleh banyak pemakai atau pengguna jasa. Tentu hal ini adalah pilihan yang jauh lebih menguntungkan dalam penghematan. Minibus sebagai alat transportasi publik dibanding minivan mungkin biaya jauh lebih murah karena biaya minivan ditanggung oleh beberapa penumpang saja.
Layanan transportasi publik menggunakan minibus juga bisa menjangkau kota – kota kecil, daerah – daerah pinggiran maupun maupun tepi – tepi kota. Lokasi yang sulit dijangkau oleh bus besar juga pedesaan – pedesaan yang jauh dari kota sering menggunakan alat transportasi umum minibus sebagai alat akomodasi masyarakat atau penduduk disekitarnya. Minibus jauh lebih efektif dan efisien dibanding alat transportasi darat lainnya. Jika dibandingkan dengan minivan daya tampung penumpang untuk minibus jauh melebihi jumlah penumpang minivan. Jadi masyarakat atau penduduk desa atau daerah – daerah lebih senang menggunakan alat transportasi ini untuk mempercepat jarak tempuh juga waktu tempuh perjalanan.
Minibus sebagai alat transportasi publik atau alat transportasi umum keberadaannya juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat maupun jasa – jasa penyedia layanan transportasi ke kota – kota besar. Minibus merupakan layanan shuttle untuk perjalanan menuju ke kota – kota besar. Bus besar yang sering beroperasi di kota – kota besar saling bekerjasama dengan minibus dalam komunikasi layanan penumpang. Sehingga masyarakat sangat diuntungkan dengan adanya minibus ini. Selain tumpangan orang atau manusia minibus juga melayani tumpangan barang maupun paket – paket kiriman yang saling bekerjasama dengan pihak – pihak atau jasa – jasa paket pengiriman barang. Semua keuntungan penggunaan minibus sebagai alat transportasi publik layak dipertimbangkan dan anda puas menggunakan jasa layanan minibus ini dalam perjalanan anda.

Sangatta, 5 Juli 2015
Direktur BM Trans,
Sismanto, M. Pd.

0 comments