Cara Menulis Laporan


Menulis laporan pada dasarnya adalah menulis hasil akhir dari suatu kegiatan, baik kegiatan ilmiah maupun kegiatan rutinitas kantor. Laporan yang ditulis harus memuat informasi sedetail mungkin, sehingga pembaca mengetahui kemampuan penulis laporan dalam menuliskan laporannya.
Suatu laporan yang ditulis oleh penulis laporan tentang objek seharusnya ditulis selengkap mungkin agar dapat diperlolah informasi yang lengkap pula. Untuk itu, jika kita ingin menulis laporan, kita harus mengetahui terlebih dahulu laporan apa yang akan kita tulis. Karena, menulis laporan itu bergantung pada kebutuhan, sehingga  antara satu dengan laporan yang lainnya berbeda-beda dan bervariasi. Misalnya laporan yang dibedakan berdasarkan tujuan penulisnnya, yaitu; kertas kerja, artikel, skripsi (tugas akhir kuliah), dan laporan.
Di dunia kerja, baik di instanti pemerintah maupun instansi perusahaan, menulis laporan memgang kendali penting dalam laju organisasi. Menulsi laporan instansi ada yang butuh waktu tertentu dan ada juga penulisan laporan membutuhan orang ahli. Misalnya perusahaan tambang batu bara “X” ingin menulis laporan tentang Amdal/K3, karena tidak mempunyai karyawan yang kompeten dalam penulisan laporan AMDAL, maka pihak perusahaan meng-hired staf ahli untuk menulis laporan AMDAL/K3.
Menulis laporan yang baik harus memuat beberapa kriteria, sehingga laporan yang kita tulis bisa dinilai oleh pembaca. Bebarapa kriteria Laporan yang baik yang perlu diketahui sebelum menulis laporan yaitu:
1.    Laporan ditulis secara tepat, jelas, dan dengan bahasa yang baik dan benar.
2.    Dalam menulis laporan hendaknya disajikan informasi yang jelas dan diperkuat dengan data dan fakta yang valid.
3.    Mencantumkan referensi/rujukan .

Komponen-Komponen Laporan
Sebagaimana menulis makalah untuk tugas kuliah atau menulis tugas akhir, menulis laporan harus dimualai dari pendahuluan, isi laporan, dan diakhiri dengan penutup.
Bagian pendahuluan. Laporan yang ditulis pada bagian pendahuluan memuat latar belakang dan gambaran umum laporan yang akan disampakan. Hal-hal yang harus ada pada bagian pendahuluan sebelum Anda menulis laporan adalah;
-      Jelaskan latar belakang yang relevan dengan permasalahan dan kemudian Anda paparkan secara jelas  dan mudah dipahami.
-      Identifikasilah permasalahan-permasalahan yang akan Anda
-      Gambarkan betapa pentingnya laporan yang Anda buat

Bagian Isi. Sebelum menulis laporan pada bagian isi, ketahuilah bahwa bagian isi biasanya memuat metode yang digunakan, alat dan bahan, data-data autentik, dan bagian kahir dari bagian ini adalah diskusi pembahasan. Kemukakan secara detail permasalahan yang Anda laporkan sehingga pembaca laporan sangat mengerti laporan Anda.

Bagian Penutup. Bagian penutup laporan biasanya berisi kesimpulan dan saran. Pada bagian ini Anda harus dapat meyakinkan kepada pembaca bahwa laporan yang Anda buat telah lengkap mulai dari hulu sampai dengan hilir, mulai dari sampai dengan Z. Di bagian saran, Anda diperkenankan untuk memberikan pendapat atau saran untuk laporan di masa mendatang guna kesempurnaan laporan.

Selamat menulis laporan!

0 comments