Analisis Pemantauan Outcome Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di Madrasah Tsanawiyah Gresik

ABSTRAK

Luqman Hakim, 03370003. “Analisis Pemantauan Outcome Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di Madrasah Tsanawiyah Gresik”. Program Studi Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang. Drs. Dwi Priyo Utomo, M.Pd.1), Dra. Yuni Pantiwati, MM. 2)

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang selama ini diberikan kepada siswa SD/MI dan SMP/MTS ternyata mempunyai dampak positif dan juga dampak negatif. Untuk itu perlu di lihat outcome dari program BOS tersebut, agar dapat diketahui tingkat keberhasilan dari program itu, serta dapat diambil langkah-langkah kebijakan dan pengembangan guna perbaikan dari program tersebut.
Penelitian ini berjudul “Analisis Pemantauan Outcome Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di Madrasah Tsanawiyah Gresik” yang mempunyai tujuan untuk mengetahui outcome dari program BOS yang indikatornya dapat diketahui dari; Nilai Hasil Ujian Nasional (UAN), jumlah siswa yang mendaftar dan yang diterima, angka putus sekolahatau Droop out (DO), serta partisipasi masarakat terhadap lembaga pendidikan (MTS) dimana para siswanya menerima dana BOS.
Pendekatan penelitian yang dipergunakan adalah kwalitatif. Dengan metode pencarian data secara dokumentasi dan wawancara. Sampel yang digunakan untuk penelitian adalah seluruh sekolah MTs negeri dan swasta di Kabupaten Gresik, yang datanya kami ambil dari ketua dan pengurus KKM Kabupaten Gresik. Sedang untuk mengetahui partisipasi masarakat diambil sekolah sampling yang diwakili oleh dua lembaga yaitu; MTs Negeri Gresik dan MTs Masyhudiyah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum outcome BOS sudah baik, akan tetapi untuk partisipasi masarakat ada kecendrungan makin menurun. Ini terjadi karena para pembuat kebijakan di hadapkan pada persoalan untuk menuntaskan wajib belajar tetapi disisi lain tuntutan mutu pendidikan harus ditingkatkan dan ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Upaya perbaikan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan program BOS sangat diperlukan oleh para pembuat kebijakan guna lebih sempurnaya program ini.

0 comments