Analisis Sistem Pendidikan Dalam Kaitannya Dengan Masalah Mutu Pendidikan ( Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kabupaten Jombang)

ABSTRAK

 

 

 

SUPRIYO (2006). Analisis Sistem Pendidikan Dalam Kaitannya Dengan Masalah Mutu Pendidikan ( Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kabupaten Jombang). Tesis, Program Studi Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, PPS Universitas Muhammadiyah Malang.

Pembimbing (I) : Drs. Muhadjir Effendi, M.Ap.

Pembimbing (II) : Drs. Ajang Budiman, M.Hum

 

 

 

Kata Kunci: Masalah Mutu Pendidikan, Analisis Sistem Pendidikan, Alternatif Kebijakan

 

 

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan masalah rendahnya mutu pendidikan dan mengidentifikasi beberapa saran atau rekomendasi sebagai alternatif kebijakan dalam memecahkan masalah mutu pendidikan pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kabupaten Jombang.

Penelitian ini merupakan studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah SMP di kabupaten Jombang yang bermasalah mutu pendidikan dengan kriteria persentase ketidaklulusan siswa pada Ujian Nasional tahun 2004/2005 lebih dari persentase ketidaklulusan pada tingkat kabupaten (lebih dari 10.05 %). Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik stratified random sampling. Metode pengumpulan data dengan triangulasi metode yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif sesuai dengan kriteria yang ditentukan menurut variabel dan indikator.

Penelitian ini berhasil mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan masalah rendahnya mutu pendidikan pada SMP di kabupaten Jombang, yaitu: 1) kualitas masukan mentah siswa yang rendah, 2) kurangnya sarana pendidikan, 3) tidak adanya laboratorium IPA dengan peralatan yang memadai, 4) kurangnya dana pendidikan, 5) rendahnya tingkat ekonomi orang tua siswa, 6) rendahnya motivasi atau dukungan orang tua terhadap pendidikan dan belajar anak, dan 7) proses belajar mengajar (PBM) yang kurang efektif. Saran atau rekomendasi sebagai alternatif kebijakan dalam memecahkan masalah mutu pendidikan disesuaikan dengan faktor penyebab masalah dan karakteristik masalah.

0 comments